UU Hak Merek

Salah satu hal pertama yang ingin Anda pertimbangkan setelah Anda memilih nama bisnis adalah apakah Anda harus merek dagang nama perusahaan, desain logo atau keduanya.

Merek dagang adalah klaim atas kata, huruf, angka, elemen grafik, atau kombinasi yang berbeda dari komponen ini dan berfungsi untuk mengidentifikasi produk atau layanan sebagai merek tertentu. Merek dagang memungkinkan Anda sebagai pemilik untuk hak merek mengontrol bagaimana merek tersebut digunakan dan mencegah seseorang menggunakan merek yang serupa.

“Merek layanan” pada dasarnya adalah perlindungan yang sama seperti merek dagang yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan layanan dari satu penyedia dari layanan yang diberikan oleh orang lain, dan untuk menunjukkan sumber layanan.

Terlepas dari apakah Anda benar-benar mendaftarkan merek Anda atau tidak, penting untuk memilih nama perusahaan atau barang yang tidak melanggar merek dagang perusahaan lain. Secara umum, semakin unik nama Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menggunakannya.

Anda dapat melakukan pencarian dasar sendiri dengan mengetikkan nama perusahaan di mesin pencari seperti Goggle, Yahoo atau AltaVista. Anda juga dapat memanfaatkan fungsi pencarian gratis yang tersedia di database United States Patent & Trademark Office (USPTO) di USPTO Search.

Merek Dagang Common-Law

Hak dalam merek dagang diberikan kepada pihak yang pertama kali menggunakannya. Jadi, jika Anda adalah orang pertama yang menggunakan nama, Anda diberikan hak yang signifikan.

Untuk menetapkan hak merek dagang hukum umum, Anda ingin menempatkan simbol “TM” (“SM” untuk layanan) pada desain yang Anda berikan pemberitahuan global tentang penggunaan komersial dan klaim hukum umum atas hak merek dagang untuk nama bisnis .

Penggunaan simbol TM dan SM diatur oleh hukum lokal, negara bagian, atau asing dan juga hukum dari yurisdiksi terkait untuk mengidentifikasi merek yang haknya diklaim oleh suatu pihak.

Merek Dagang USPTO

Untuk mendapatkan perlindungan lebih lanjut untuk merek Anda, perusahaan Anda harus mempertimbangkan pendaftaran dengan Kantor Paten dan Merek Dagang AS. Ada keuntungan yang signifikan untuk mendaftarkan merek dengan USPTO:

Pemberitahuan resmi klaim dan bukti nyata kepemilikan.
Hak berdiri dan maju dalam sistem pengadilan.
Dasar untuk memperoleh pendaftaran di luar negeri dan
Pendaftaran dengan US Customs Service untuk mencegah produk palsu.
Simbol pendaftaran federal ® (“R” diapit lingkaran) dapat digunakan setelah merek benar-benar terdaftar dalam USPTO. Meskipun sebuah aplikasi masih dalam proses, simbol registrasi tidak dapat digunakan sebelum merek tersebut benar-benar terdaftar.

Penting untuk diperhatikan bahwa perlindungan merek dagang tidak diberikan untuk penggunaan universal atas nama atau merek. Perlindungan merek dagang hanya diberikan untuk penggunaan khusus yang berlainan dan dengan definisi yang sangat sempit. Jadi American Airlines dan American Express sama-sama dapat memperoleh pendaftaran USPTO untuk merek mereka dalam klasifikasi produk yang berbeda dan tidak melanggar hak pihak lain.

Proses permohonan merek dagang berlangsung lama dan bisa mahal. Tetapi jika uang dan waktu bukan masalah, perusahaan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari perlindungan tambahan dari pendaftaran USPTO.

Bagi sebagian besar wirausahawan, melakukan penelitian menyeluruh dan menetapkan kepemilikan merek common law biasanya sudah cukup. Mengingat kompleksitas masalah yang terlibat, perusahaan sangat dianjurkan untuk mencari penasihat hukum untuk menentukan kesesuaian dan semua masalah terkait pendaftaran merek dagang.

 

 

Leave a Reply