Tips Penglihatan – Akankah Lutein Meningkatkan Penglihatan?

Kemungkinan Anda pernah mendengar tentang lutein, baik melalui iklan atau dari mulut ke mulut. Ini adalah nutrisi yang populer, lebih khusus lagi karotenoid, dan dapat memiliki manfaat luar biasa untuk penglihatan Anda.

Akankah lutein meningkatkan penglihatan? Seiring waktu, bukti menunjukkan ya. Bagaimanapun, lutein adalah karotenoid penting (pigmen nabati) yang terletak terutama di retina mata. Tubuh tidak mensintesis lutein sendiri. Sebaliknya, terserah individu untuk mendapatkan cukup dari sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, bayam, atau brokoli, jagung, dan telur.

Hal yang sama berlaku untuk zeaxanthin, sepupu dekat lutein. Zeaxanthin ditemukan terutama di makula mata, yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral kita. Keduanya membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet menghindari ketegangan mata berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan permanen seiring waktu.

Senyawa lain, yang disebut meso-zeaxanthin, diturunkan secara eksklusif dari lutein, dan tidak seperti dua karotenoid lainnya, ia disintesis di dalam tubuh langsung dari lutein. Meso-zeaxanthin berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan radiasi UV di makula sebelum zeaxanthin dan lutein, masing-masing.

Ketiga karotenoid serupa secara kimiawi – satu-satunya perbedaan utama adalah strukturnya.

Berapa banyak dari masing-masing yang harus Anda dapatkan dalam diet Anda? Secara resmi tidak ada pedoman. Tapi tidak seperti obat resep, tidak ada efek samping yang diketahui dari mengonsumsi banyak klinik mata jakarta karotenoid ini — semuanya terjadi secara alami. Perbaikan dalam penglihatan telah ditunjukkan dengan sedikitnya 10 mg lutein dan 2 mg zeaxanthin setiap hari.

Namun, jika Anda mencoba memperbaiki penglihatan atau mengurangi terjadinya Degenerasi Makula Lanjut (AMD), katarak, dan/atau glaukoma, 10-20 mg setiap hari atau lebih mungkin diperlukan. Studi menunjukkan penurunan 20% dalam kejadian AMD dan katarak dengan peningkatan asupan lutein dan zeaxanthin. Bahkan jika Anda saat ini memiliki penyakit ini, baik lutein dan zeaxanthin dapat membantu, tetapi selalu baik untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Jadi jika dikonsumsi secara teratur akankah lutein meningkatkan penglihatan? Bukti menunjukkan itu dapat melestarikannya dalam jangka pendek dan meningkatkannya dalam jangka panjang.

Tetapi terkadang sulit untuk mendapatkan lutein dan zeaxanthin dalam makanan Anda. Itulah mengapa penting untuk memasukkan multivitamin berkualitas baik dalam diet Anda. Agar efektif, vitamin tersebut harus memiliki bahan alami murni dalam konsentrasi tertinggi, dan dikembangkan di bawah kondisi yang telah teruji dengan baik.

Vitamin dengan kualitas yang lebih baik akan mengujinya dan mengeluarkan Certificate of Analysis (COA) yang menguji setiap batch yang diproduksi untuk memastikan bahwa semua nutrisi ada dalam konsentrasi yang tepat seperti yang tertera pada botol. Selanjutnya, tes ini memastikan bahwa tidak ada kontaminan dalam kumpulan vitamin yang Anda konsumsi.

Juga, vitamin berkualitas lebih tinggi memiliki lapisan enterik untuk memastikan bahwa asam lambung tidak menghancurkan nutrisi penting, memungkinkan mereka semua akhirnya diserap ke dalam aliran darah.

Jadi secara ringkas, ingatlah hal-hal ini ketika menyangkut mata Anda. Lutein dan zeaxanthin dapat membantu meningkatkan penglihatan jika dikonsumsi secara konsisten. Pastikan untuk makan banyak sayuran berdaun hijau tua dan minum suplemen setiap hari untuk memastikan Anda mendapatkan cukup karotenoid ini.

Perubahan kecil dalam rutinitas dari waktu ke waktu dapat menambah peningkatan besar dalam penglihatan, jadi ambillah langkah-langkah kecil yang konsisten dan Anda akan melihat manfaatnya dengan mata yang lebih sehat dan penglihatan yang lebih baik dalam jangka panjang. Untuk informasi lebih lanjut, klik ke situs di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *