Ini Tata Cara Melaksanakan Aqiqah Sesuai Petunjuk Nabi

Ini Tata Cara Melaksanakan Aqiqah Sesuai Petunjuk Nabi

Jika merujuk arti berasal dari bahasa arab, aqiqah bermakna memutus dan melubangi. Namun pengertian secara umum, aqiqah sebenarnya yakni ibadah menyembelih hewan berupa kambing sebagai wujud syukur atas lahirnya seorang anak.

Dasar hukum aqiqah ini menuai perbedaan berasal dari para ulama. Ada yang mengatakan bahwa ibadah aqiqah hukumnya wajib, ada yang mengatakan sunnah mu’akad dan adapula yang mengatakan sunnah.

Tetapi berasal dari semua pendapat yang ada, yang jumhur dan mayoritas adalah pendapat yang mengatakan bahwa hukum aqiqah adalah sunnah mu’akad. Artinya meski tak kudu tapi tetap disarankan untuk dilaksanakan Melakukan Aqiqah .

Adapun dalil atas perintah aqiqah ada pada beberapa hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut ini;

Baca Juga: Wanita Ini Robek Perut Ibu Hamil dan Culik Bayi di Dalamnya, Potongan Tubuh Korban Dibuang ke Dana

“Semua anak bayi tergadaikan bersama dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya di sembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81).

Kemudian, “Aqiqah dilaksanakan gara-gara kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” (HSR Bukhari).

Lalu bagaiamana tata langkah yang disarankan dan saat perihal pelaksanaan Aqiqah tersebut? Dilansir berasal dari qazwa.id, tersebut saat dan tata caranya.

Waktu Pelaksanaan

Hari pelaksanaan ibadah ini kebanyakan dilaksanakan 7 hari sehabis anak lahir. Bisa terhitung dilaksanakan 14 atau 21 hari setelahnya. Sebagaimana hadist Nabi SAW. Abdullah bin Buraidah berasal dari ayahnya, membuktikan bahwa Nabi Muhamaad SAW bersabda, “Aqiqah itu disembelih di hari ke 7 atau hari ke 14 atau ke 21 (HR. Baihaqi) Jual kambing aqiqah Jakarta bekasi .

Namun, tidak masalah untuk jalankan aqiqah di waktu-waktu lainnya. Tidak kudu terpaku pada hari ketujuh beserta kelipatannya. Apabila situasi orang tua miliki kesusahan secara finansial, maka aqiqah sanggup dikondisikan pada saat di mana orang tua tersebut sanggup untuk melakukannya.

Jumlah Hewan

Ada perbedaan jumlah hewan yang disembelih antara anak yang berjenis kelamin laki-laki dan anak yang berjenis kelamin perempuan.

Bagi anak laki-laki yang baru dilahirkan, maka aqiqahnya adalah bersama dengan menyembelih dua ekor kambing. Adapun untuk anak perempuan diaqiqahkan bersama dengan hanya satu kambing.

Baca Juga: Pemulung Temukan Jasad Bayi di Tumpukan Sampah

Sebagaimana pada hadist Nabi SAW tersebut ini; Aisyah bicara terkecuali Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki diaqiqahi bersama dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.”(Hadits Riwayat Ahmad)

Mencukur Rambut Bayi.

Setelah penyembelihan hewan kambing udah dilaksanakan. Maka ibadah selanjutnya adalah mencukuri/menggunduli kepala bayi.

Sebagaimana hadist Nabi SAW, “Semua anak bayi tergadaikan bersama dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya di sembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81)

Melumuri bersama dengan minyak wangi.

Setelah kepala bayi digunduli, maka kepala tersebut sanggup dilumuri bersama dengan minyak wangi. Inilah yang membedakan bersama dengan zaman jahiliyah.

Leave a Reply